Jakarta, CNN Indonesia -- Gen orang tua memang berpengaruh besar pada keturunannya. Bukan cuma soal penampilan fisik dan sifat semata. Tapi kecerdasan Anda juga ternyata dipengaruhi orang tua. 


Tapi tampaknya, Anda harus lebih berterima kasih kepada ibu. Pasalnya, semua kecerdasan Anda berasal dari sang ibu. 


Mengutip Your Tango, berdasarkan genetika, kromosom perempuan adalah XX dan laki-laki XY. Kromosom bisa diibaratkan seperti hard drive yang hidup dalam sel kita. Kromosom inilah yang mengangkut gen untuk anak cucu Anda. 


Menurut studi tersebut, kecerdasan Anda berasal langsung dari kromosom X. Dan kromosom X ini menjadi sumber yang paling penting dari kecerdasan. Karena ibu memiliki dua kromosom X, kemungkinan besar kecerdasan berasal dari sisi ibu. 


Hanya saja, ini tak berarti kalau kromosom ayah tak memiliki peran penting dalam diri anak. Penelitian yang sama menunjukkan bahwa kromosom XY berkontribusi pada aspek fisik dari anak-anak. 


Menurut Psychology Spot, gen X lebih banyak akan mengembangkan ukuran kepala dan otak yang besar, tapi ukuran tubuhnya kecil. Sebaliknya orang dengan ekstra gen paternal memiliki otak kecil tapi tubuh yang besar.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar